Warga Sidoarjo Gunakan Eceng Gondok Sebagai Bahan Bakar

  • Thursday, 16 May 2013 | 15:52
  • 2008 Views
  • Bambang saat menunjukkan cara pembuatannya

    Prihatin dengan kenaikan harga BBM (bensin), Bambang Permadi warga Desa Sumo Kali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, melakukan terobosan dengan membuat bahan bakar dari bahan Eceng Gondok. Temuanannya ini bisa dia manfaatkan sebagai pengganti bahan bakar bensin untuk kendaraannya.

    Tanaman yang biasa tumbuh di sungai dan sering dikeluhkan oleh masyarakat karena menyebabkan tumpukkan sampah itu, oleh Bambang dijadikan sesuatu hal yang bermanfaat buat semua orang. Berbekal dari ketelitian serta pengalaman didunia mekanik, dia berhasil menemukan suatu gas bakar yang fungsinya sama seperti bensin.

    “Awalnya saya berfikir bagai mana caranya bisa memfungsikan tanaman Eceng gondok di sungai yang sering dikeluhkan oleh warga supaya bisa menjadi sesuatu yang berguna,”tuturnya Kamis (16/05/2013)

    Kemudian dia mencoba terus temuannya itu, dengan dibantu empat temanya, akhirnya Bambang bisa menemukan Bioetanol dari bahan sampah Enceng gondok dengan cara difermentasikan terlebih dahulu.

    Dia menjelaskan cara pembuatannya, Pertama tanaman Eceng gondok dijemur sampai kering, kemudian dicampur dengan ragi tape serta dicampur roti bekas yang sudah berjamur, semua bahan tersebut diaduk-aduk rata lalu dimasak sampai mendidih.

    “Setelah mendidih uapnya disuling hingga menghasilkan suatu cairan, nah cairan tersebut bisa digunakan sebagai pengganti bensin,” Jelasnya.

    Perbandingan jarak tempuh bila digunakan didalam tangki kendaraan antara bensin dengan bahan buatnya ini, jarak tempuhnya hampir sama yaitu satu liter Biotanol dengan jarak tempuh 50 kilo meter. Bahkan bisa lebih irit karena bioetanol ini semakin pemanasan pembuatan semakin tinggi, penyulingan yang dihasilkan juga bagus dan hasil

    “Bioetanol yang dihasilkan lebih jernih dan bagus serta tidak menghasilkan polusi alias bersih lingkungan” pungkasnya (SN1)

    Search

    Cari Berita:

    Inspirasi

    Sukses Budidaya Pepaya Calina Monday, 15 September 2014 | 05:35

    Sukses Budidaya Pepaya Calina

    Krembung (sidoarjonews) – Berkali kali gagal,akhirnya berhasil budidayakan pepaya calina. Berawal dari menanam buah blewah, Mochamad Syifa’ warga...

    Properti

    Wednesday, 3 September 2014 | 16:59

    USAID – Bapeda Gelar Pelatihan Pengelolaan Limbah Domestik

    KOTA (Sidoarjonews) – Unit pelaksana teknis daerah (UPTD) dan kelompok kerja (Pokja) Sanitasi Kabupaten Sidoarjo mendapatkan pelatihan dari...