Pelajar Asal Sidoarjo Ini Pecahkan Rekor Asean Schools Games Chiang Mai 2016

  • SIDOARJONEWS.com | Rabu, 27 Juli 2016 | 11:05 WIB
  • 485 Views | Facebook
  • Pecah rekor Asean Schools Games 2016 akhirnya muncul dari cabang olahraga atletik di nomor 400 meter putra. Pelari muda asal Sidoarjo, Jawa Timur Ifan Anugrah Setiawan hari Selasa (26/7) sore berhasil mencatatkan rekor tercepat 47,87 detik yang sebelumnya menjadi milik pelari Malaysia Amir Fikri Bin Ismail dengan waktu 47,90 detik (Asean Schools Games 2010) di Main Stadium Sport Complex, Chiang Mai, Thailand. (foto:muchlis/kemenpora.go.id)

    Kota (sidoarjonews) – Atlet pelajar asal Sidoarjo , Pecahkan  rekor Asean Schools Games 2016  dari cabang olahraga atletik di nomor 400 meter putra. Pelari muda asal Sidoarjo, Jawa Timur Ifan Anugrah Setiawan (15) hari Selasa (26/7) sore berhasil mencatatkan rekor tercepat 47,87 detik yang sebelumnya menjadi milik pelari Malaysia Amir Fikri Bin Ismail dengan waktu 47,90 detik (Asean Schools Games 2010) di Main Stadium Sport Complex, Chiang Mai, Thailand.      

    Ifan berhasil finish pertama dengan waktu 47.87 detik, peringkat kedua diraih pelari Thailand Pitpaporn Paungpi 47,91 detik dan ketiga diraih pelari Malaysia Luqmanhul Hakim 48,69 detik. 

     “Alhamdulilah saya hari ini bisa memberikan yang terbaik untuk merah putih dan catatan waktu saya sendiri. Saya sendiri tidak menyangka bisa memecahkan rekor Asean Schools Games di nomor 400 meter putra. Ketika bertanding saya hanya fokus berlari sebaik dan secepat mungkin, dan alhamdulilah hasilnya cukup memuaskan,” kata atlet kelahiran Sidoarjo 15 September 2000 ini.

    Ifan sendiri kaget ketika mengetahui catatan waktunya bisa memecahkan rekor ASG tahun ini, sebab secara persiapan sendiri dirinya menjalaninya dengan biasa. Hanya saja malam sehari sebelum pertandingan, atlet yang lahir dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Jawa Timur ini tidak bisa tidur hingga pukul 03.00 pagi. “Saya dari semalam kepikiran terus untuk pertandingan hari ini, sampai saya gak bisa tidur hingga pukul 03.00 pagi. Tapi alhamdulilah apa yang ada di pikiran saya akhirnya bisa terwujud dengan menyumbangkan medali emas dan pecah rekor ASG,” katanya. 

     

    Hasil yang memuaskan bagi Ifan ini membuatnya semakin termotivasi untuk berprestasi di event berikutnya. Kerja kerasnya selama ini di PPLP Jawa Timur membuahkan hasil terbaik bagi dirinya, dan ke depan dia akan berusaha terus untuk mendapatkan catatan waktu terbaik. “Saya berangkat ke Thailand dengan keyakinan tinggi untuk bisa mengukir prestasi. Kerja keras dan latihan yang baik selama di PPLP alhamdulilah bisa membuahkan hasil terbaik,” kata atlet yang memulai masuk PPLP tahun 2015.

    Dari penelusuran sidoarjonews, nama Ifan Anugrah Setiawan mulai melejit di dunia atletik ketika mengikuti pekan olahraga kabupaten (porkab) pada 2014. Sebagai kuda hitam, Ifan ternyata berhasil mengungguli pelari senior yang tentu saja jauh lebih berpengalaman. Ifan yang waktu itu berstatus siswa SMPN 1 Buduran pun gembira karena bisa membuktikan bahwa dirinya bukan sekadar pelari kelas pupuk bawang.


    Nama Ifan kian meroket ketika memperkuat Jatim dalam PON Remaja di Surabaya-Sidoarjo pada 9-15 Desember 2014. Saat itu Ifan yang duduk di kelas 9 SMPN 1 Buduran mencatat rekor nasional lari 400 meter dengan catatan waktu 49,18 detik. Pencapaian ini lebih cepat tujuh detik daripada rekor yang dibuat Arif Rahman dari Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 3 November 2010.

    Dan akhirnya, rekor Aseans Schools Games atletik lari 400 meter dipecahkan oleh Ifan Siswa SMAN 1 Gedangan di Chiang Mai Thailand .

    Sumber : Kemenpora dan lainnya

    Style

    Inilah Duo Cewek Dibalik Semaraknya Kampung Ramadhan 2016 Melalui Berbagai Perlombaan Yang DigelarĀ  Jumat, 1 Juli 2016 | 03:40

    Inilah Duo Cewek Dibalik Semaraknya Kampung Ramadhan 2016 Melalui Berbagai Perlombaan Yang DigelarĀ 

    Kota (sidoarjonews) – Semaraknya kampung ramadhan 2016 , salah satunya karena berbagai perlombaan yang digelar selama berlangsungnya event...