Nihil Kecelakaan Kerja, Sabet Penghargaan K3

  • Monday, 3 June 2013 | 17:42
  • 348 Views
  • Sidoarjonews-Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah memberikan piagaam penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi 45 perusahaan di Kabupaten Sidoarjo, di Pendapa Delta Nugraha, Senin (3/6). Puluhan perusahaan itu dinilai berhasil menerapkan budaya K3 karena nihil kecelakaan kerja selama setahun. 

    Penghargaan K3 ini diberikan Bupati Sidoarjo selaku Pembina K3 Kabupaten Sidoarjo. Para perusahaan itu sebelumnya telah menerima penghargaan serupa dari Disnakertrans Jawa Timur dan Kemenakertrans. “Saya berharap ini menjadi contoh bagi perusahaan lainnya yang belum meraih penghargaan K3,” cetus Saiful Ilah. Dia menyebut ada 2.440 perusahaan lainnya yang wajib lapor ketenagakerjaan di Sidoarjo.

    Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Dinsosnaker Sidoarjo M Dwi Kunsatriyo menyatakan, bupati Sidoarjo mengapresiasi khusus perusahaan yang berhasil menekan kecelakaan kerja hingga nol persen. “Makanya pak Bupati juga memberikan piagam K3 ini,” jlentreh Dwi. Dia menyebut, bupati juga memberikan penghargaan pada PT Tjiwi Kimia Tbk yang meraih penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

    Perusahaan yang menerima penghargaan K3 ini diantaranya PDAM Delta Tirta Sidoarjo, PT Ecco Indonesia dan PT Maspion Grup. Jumlah perusahaan yang menerima penghargaan K3 tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2012 yang berjumlah 37 perusahaan. Kata Dwi, meningkatnya jumlah perusahaan peraih penghargaan K3 menjadi pertanda kesadaran perusahaan meningkat.

     
    Ketua DPRD Sidoarjo HM Dawud Budi Sutrisno punya pandangan berbeda. Dia menilai kesadaran perusahaan menerapkan budaya K3 masih kurang jika melihat jumlah perusahaan yang meraih penghargaan K3 itu. “Di Sidoarjo ada sekitar 3.000 perusahaan berskala menengah-besar, belum yang kecil yang jumlahnya mencapai 15.000 perusahaan,” cetus politisi Partai Demokrat ini.
     
    Ditemui usai menghadiri penyerahan penghargaan K3 ini, Dawud berharap dinas terkait melakukan terobosan agar jumlah perusahaan yang menerima K3 terus meningkat. Misalnya dengan memasang spanduk dan baliho berisi daftar nama perusahaan yang telah meraih K3. “Dengan begitu akan menjadi semangat bagi perusahaan lainnya yang belum menerima K3,” tegasnya. (ed1).

    Search

    Cari Berita:

    Inspirasi

    Aplikasi Manasik Haji Dan Umroh Berbasis Android Saturday, 30 August 2014 | 07:07

    Aplikasi Manasik Haji Dan Umroh Berbasis Android

    Teknologi (sidoarjonews) -  Kementerian Agama melakukan terobosan dalam penyelenggaraan ibadah haji 1435H/2014M berupa penggunaan buku manasik haji dan...

    Properti

    Audiensi IUWASH Dengan Humas Pemkab Wednesday, 27 August 2014 | 12:01

    Audiensi IUWASH Dengan Humas Pemkab

    KOTA (Sidoarjonews) – Forum Discusion Group (FDG) dari Indonesia Urban Water Sanitation And Hygiene (IUWASH ) gelar audiensi...