Mumpung di Sidoarjo, Jangan Lewatkan Kuliner ini

  • sudrab debadr | Minggu, 19 Juli 2015 | 15:06 WIB
  • 1208 Views | Facebook
  • image

    Google images

    Kota( Sidoarjonews) – Musim mudik lebaran, bila pas lagi di Sidoarjo karena pas lewat maupun memang lagi mudik ke Sidoarjo jangan lupa 5 jenis kuliner makanan ini, minggu (19/7/2015).

    Pertama, Kupang Lontong dan sate kerang

    Sedang berkunjung ke Sidoarjo atau pas lewat , belum lengkap rasanya bila belum makan lontong kupang. Di daerah Gedangan Sidoarjo terdapat bursa kupang lontong, di daerah candi , daerah pasar Suko dll. Kupang merupakan jenis kerang laut ukurannya sangat kecil, warnanya putih.
    Olahan Lontong kupang terdiri dari irisan lontong, lentho dan siraman kuah kupang.  Sebelum dihidangkan, bawang putih , cabe dihaluskan dan ditambahi dengan petis kupang diberi perasan air jeruk nipis, lalu disiram dengan air rebusan kupang.

    Makan lontong kupang biasanya ditemani dengan sate kerang dan minumannya es degan.

    Kedua, telor Asin

    image

    Google image

    Di daerah Kebon sari Sidoarjo, terkenal sebagai kampung bebek dan telur asin.Kandungan protein dari telur asin daerah Kebon Sari ini cukup tinggi. Kwalitas pakan sangat diperhatikan, pakan bebek yang diberikan pada bebek di daerah Kebonsari menggunakan campuran kepala udang dan kupang.

    Telur asin yang dihasilkan dari kampung ini ada beberapa aneka rasa yaitu rasa udang, rasa kepiting. Pilihan telur asin yang dapat dibawa puan yaitu panggang dan rebus. Harga per bijinya sekitar 2500. kalau panggang sekitar 3000.

    Sentra Telur Asin Selain di Candi ,juga di daerah Tanggulangin banyak industri rumahan telur asin.

    Ketiga, Bandeng Asap dan Otak Otak

    image

    Google images

    Masyarakat Sidoarjo, mata pencahariannya kebanyakan  petani. Terutama petani tambak udang dan bandeng. Bandeng dan udang bahkan menjadi ikon Sidoarjo. Aneka olahan bandeng dan udang bisa jadi oleh-oleh untuk dibawa wisatawan yang berkunjung. Bandeng asap merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo.Warnanya yang kuning kecoklatan dan aroma asap itulah yang menjadikannya ciri khas.Bandeng asap merupakan salah satu industri rumahan, dan jika anda ingin membawanya pulang untuk oleh-oleh bisa didapat di toko oleh-oleh di Sidoarjo.

    Selain itu juga, ada bandeng otak otak yaitu bandeng yang diambil dagingnya ,diolah dan dibumbui kemudian dimasukan lagi serta digoreng.Ada pula , Bandeng presto dll.

    Anda bisa kunjungi kawasan industri serba bandeng ini di desa pucang anom , sebelah sungai pucang anom bertebaran di rumah  penduduk.

    Empat, Ceker Lapindo

    image

    Google images

    Bencana lumpur Lapindo di sidoarjo sejak tahun 2006 silam, memberikan inspirasii Bu Nani untuk membuka warung khusus ceker dan memberikan nama masakannya ceker Lapindo, Ibu Nani meberi nama ceker Lapindo, karena sensasi pedas dari cekernya. Setiap orang yang menikmati ceker Lapindo yang tingkat kepedasannya sungguh “Wow”, Bagi wisatawan, setelah menikmati ceker lapindo ini akan kepedasan dan mengeluarkan keringat, bagai kena uap panasnya lumpur Lapindo.

    Mbak Nani memang kreatif dan bisa menangkap peluang. ceker Lapindo bisa anda dapatkan di sebelah LP sidoarjo. Daerah Alun-alun atau sebelah Barat GOR dekat dengan SMP 1 Sidoarjo.

    Kelima, Kerupuk Udang

    image

    Google images

    Kerupuk udang adalah primadona kota Sidoarjo karena memiliki rasa serta ada nilai gizinya, tentunya daya tarik ini membuat produk yang ini juga tak kalah laris di kota Sidoarjo. Kerupuk ini berbahan dasar udang rebon yang ditumbuk dengan garam serta bawang putih dan dicampurkan dengan tepung tapioka dan tepung terigu. Lalu dikukus  dan didinginkan hingga pada akhirnya dijemur di bawah sinar matahari.

    Sentra industri ini tersebar , hampir disemua kecamatan sidoarjo. mempunyai cita rasa yang Enak,Gurih, Renyah dan Kaya akan Gizi. Kerupuk ini merupakan makanan khas kota Sidoarjo yang sangat terkenal  dengan rasa udang/Ikannya. Sentra produksi krupuk di Sidoarjo menjadi sangat terkenal di nusantara, krupuk dengan berbagai macam jenis dan cita rasa.

    Penulis : Badrus, diolah dari berbagai sumber.

    Style

    Inilah Duo Cewek Dibalik Semaraknya Kampung Ramadhan 2016 Melalui Berbagai Perlombaan Yang Digelar  Jumat, 1 Juli 2016 | 03:40

    Inilah Duo Cewek Dibalik Semaraknya Kampung Ramadhan 2016 Melalui Berbagai Perlombaan Yang Digelar 

    Kota (sidoarjonews) – Semaraknya kampung ramadhan 2016 , salah satunya karena berbagai perlombaan yang digelar selama berlangsungnya event...