Mereka Menyebutnya ‘ Lodeh Porong ‘ , Tempat Kuliner Legendaris Berdiri Sejak 1954

  • sudrab debadr | Jumat, 29 Juli 2016 | 02:38 WIB
  • 1316 Views | Facebook
  • Porong (sidoarjonews) – Porong memang bukan sekedar ingatan soal semburan lumpur yang telah memasuki usia 10 tahun lebih ini. Sejarah sebagai ingatan panjang , porong  dengan segala dinamika masyarakatnya punya cataran sendiri dari pabrik gula , medan pertempuran dengan penjajah hingga bangunan kuno seperti candi ataupun lainnya.

    Salah satunya, Jujugan kuliner  yang ‘legend’  sebagai ciri  khas tersendiri dari porong diluar soal kontemporer kekinian seperti semburan lumpur.

    Yup, orang menyebutnya dengan warung ‘lodeh porong’ , berlokasi di depan pusdik gasum (brimob,red) porong , dari utara atau sidoarjo berada di kiri jalan , masuk gang 20 meteran dari jalan raya porong. Dari gapura gang  yang cukup lebar sudah terlihat , bangunan sederhana tembok dan kayu warna hijau cukup mencolok.


    Warung yang bernama Depot YS ini , meski bukan melulu hanya sediakan menu  ‘lodeh’ saja, juga ada mie goreng dan mie kuah , soto  dan kare.Namun, banyak yang menyebut depot YS ini sebagai warung ‘lodeh porong’ , karena ke khasan  yang menonjol dari sajian menu lodehnya.


    Ipung Hamzah , salah satu pelanggan  mengakui , kekhasan lodeh porong ini.

    ” Tak seperti sayur lodeh pada umumnya, yang sangat kental dengan santannya dan terasa ‘berat’ di lidah. Lodeh porong ini sangat ‘ringan’ dan gurih .Apalagi dengan campuran udang  udang kecilnya,” ungkap Ipung Hamzah , yang juga anggota DPRD Sidoarjo ini, kamis (27/7)

    Pemilik warung ‘ depot YS ‘ dengan semboyan bedjo -untung ini , menceritakan perjalanan warung yang dikelolanya ini , berdiri semenjak tahun  1954 .

    ” Rumah ini ditempati keluarga saya , sejak 1947.Dan semenjak 1954 molai buka depot YS ini ,” tutur Junaidi pemilik warung yang berusia diatas 70 tahun ini.

    Pria keturunan ini mengaku, menu yang disajikan memang semuanya resep spesial.Namun dirinya mengaku ‘lodeh porong’ lah yang jadi ikon .

    Pengamatan selintas sidoarjonews , warung lodeh porong ini jadi jujugan warga keturunan  , yang rata rata mengendarai roda empat. Perlu diingat, bila anda berniat mencicipi menu lodeh porong ,  anda harus datang setelah jam 11 Siang , sebelum itu kemungkinan besar lodehnya belum usai di masak.

    Penulis : Bz

    Style

    Inilah Duo Cewek Dibalik Semaraknya Kampung Ramadhan 2016 Melalui Berbagai Perlombaan Yang DigelarĀ  Jumat, 1 Juli 2016 | 03:40

    Inilah Duo Cewek Dibalik Semaraknya Kampung Ramadhan 2016 Melalui Berbagai Perlombaan Yang DigelarĀ 

    Kota (sidoarjonews) – Semaraknya kampung ramadhan 2016 , salah satunya karena berbagai perlombaan yang digelar selama berlangsungnya event...