Indah Kurnia Dorong UMKM Gunakan Teknologi Informasi

  • SIDOARJONEWS.com | Senin, 12 Juni 2017 | 02:59 WIB
  • 179 Views | Facebook

  • Sedati (sidoarjonews)- Kembangkan usaha menengah kecil mikro (UMKM), anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, mendorong pengembangan sektor UMKM dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas teknologi informasi untuk memasarkan produk mereka.
    Menurutnya, potensi UMKM berpeluang besar dikembangkan dengan model bisnis berbasis e-comerce.

    “Para pelaku UMKM harus melek IT. Saat ini tak bisa dipungkiri dalam kemajuan tehnologi informasi yang ada. Dan semua pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan dalam memasarkan produk yang ada,” ungkap Indah Kurnia di sela kegiatan  prospek  e-commerce untuk UMKM di hotel Premiere Inn Juanda, Minggu (11/6).
    Lebih jauh politisi PDI Perjuangan itu menyampaikan, pemanfaatan teknologi informasi sangat  diperlukan dalam kecepatan memasarkan barang. Namun satu sisi, juga ‎ada beberapa kendala kalau tidak belanja dengan ketemu antara penjual dan pembeli, kadang ada komplain soal barang yang dipasarkan tidak sesuai. 
    “Ya pastinya dimanfaatkan IT yang ada. Dan barang yang dipasarkan harus ada kesertaan dalam spesifikasi dan lainnya dalam barang produk yang di pasarkan, untuk kepuasan pembeli dan menghindari komplain yang ada,”  cetus Indah Kurnia.
    Mantan pimpinan cabang Bank Swasta ini menegaskan, pihaknya siap untuk memfasilitas para pelaku UMKM ini untuk mendapatkan pemahaman terkait dengan akses perbankan seperti dengan Bank Indonesia.

     “Bahkan Bank Indonesia saat ini sudah turun gunung karena bisa memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM,” imbuhnya.
    Dalam kesempatan yang sama, Septriana Tangkary selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo RI mengatakan, saat ini ekonomi kerakyatan terus dikembangkan di Indonesia.
    “Jangan sampai para pelaku UMKM ini akan menjadi penonton di negeri sendiri. Padahal sesuai dengan instruksi dari Pak Presiden Joko Widodo, para pelaku UMKM ini bisa kaya menjual produk Indonesia dan keluar negeri,” ujarnya.
    Masih kata Septriana, pemerintah juga siap memberikan domain dan juga hosting secara cuma-cuma kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan dan mengenalkan produk mereka.
    “Dengan demikian, para pelaku UMKM ini memiliki nilai jual akan produk yang dipasarkan supaya lebih luas lagi,” tambahnya.
    Sementara itu, Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Daerah Bank Indonesia Kanwil Jatim‎ Dery Rossianto mengaku, ‎untuk kemajuan UMKM BI siap memberikan pinjaman kepada para pelaku dengan bunga yang kecil. 
    “Dalam masalah UMKM, BI membantu dari segi kesiapan dana dalam pengembangan dan perdagangan. Target BI untuk UMKM didukung mulai target mitra ke makro dan juga menengah dari segi market,” pungkasnya.

    penulis : Bz

    Style

    Inilah Duo Cewek Dibalik Semaraknya Kampung Ramadhan 2016 Melalui Berbagai Perlombaan Yang Digelar  Jumat, 1 Juli 2016 | 03:40

    Inilah Duo Cewek Dibalik Semaraknya Kampung Ramadhan 2016 Melalui Berbagai Perlombaan Yang Digelar 

    Kota (sidoarjonews) – Semaraknya kampung ramadhan 2016 , salah satunya karena berbagai perlombaan yang digelar selama berlangsungnya event...