GITAR PRODUKSI SIDOARJO JUARA DALAM KONTES GUITAR OF THE YEAR 2012 DI INGGRIS

  • Tuesday, 22 January 2013 | 12:08
  • 2984 Views
  • SidoarjoNEWS – Apakah anda penggemar alat music, terutama gitar ? kalo iya, pasti anda tak asing dengan berbagai nama gitar produk luar negeri seperti Ibanez, Gibson, Fender,  Yamaha, Esoterik ESO-C, Alumisonic 1100-Deluxe, Caparison Horus M3, dan PRS Mark Tremonti dan lain sebagainya. Yang
     banyak digunakan Gitaris dunia maupun local, namun apakah anda pernah tahu jika gitar produk Sidoarjo juga mampu berbicara di tingkat internasional, bahkan mampu mengalahkan gitar produk luar negeri dalam ajang kontes di U-K (inggris)
     
     
    Bagi penggemar gitar, apalagi pemula, gitar merek Rick Hanes mungkin belum banyak dikenal. Namun bagi mereka yang sering mengikuti perkembangan gitar, merek baru ini begitu fenomenal.

    Bagaimana tidak gitar yang di produksi di daerah Tambak Sawah nomer 5 Kecamatan Waru- Sidoarjo ini mampu merebut empat gelar sekaligus dan mengalahkan 362 gitar elektrik dari 52 merek gitar ternama dalam kontes guitar of the years 2012 dari Guitar Planet, di Inggris. Gitar buatan anak negeri ini juara sedunia.
     
    Rick Hanes adalah nama putra dosen ekonomi di Universitas Kristen Petra Surabaya, Tommy adik kandung MR D yang juga selaku vendornya.

    Ini dibenarkan salah satu endorse Rick Hanes, Doddy Hernanto atau akrab disapa Mr D.
    “Dalam kontes itu, gitar itu dipilih berdasar design atau estetikanya, sound dan play ability. Ini semua yang dimiliki Rick Hanes. Dan tak salah, Rick Hanes ini juga menjadi pilihan gitaris nasional dan dunia. Sebut saja I Wayan Balawan atau akrab disapa Balawan, Taras Bistara gitaris TRIAD, Aji Broken Bone, Donny Suhendra, Irul Five Minute dan lainnya. Bahkan Buddy Blaze yang juga perancang gitar Jimmy Page dari Led Zeppelin, sudah berkunjung ke pabrik kami di Tambak Sawah dan memuji serta mengaguminya,” ujar Mr D, pemusik yang dikenal dengan permainan slapping typing atau permainan gitar satu jarinya.

    Mr D saat ditemui, wartawan Sidoarjonews di lokasi pembuatan gitar di tambak sawah nomer 5 ini sangat khawatir jika Rick Hanes karya anak bangsa yang sudah dikenal dunia ini justru jadi tamu di negeri sendiri. Sebab, sebelum Rick Hanes yang di bagian dalam leher gitarnya ditancapkan bahan Carbon Graphite –bahan pembuat body pesawat ulang-alik NASA sehingga gitar yang terbuat dari kayu maple ini tahan banting dan tak mudah patah meraih predikat juara di Guitar Planet-UK, gitar ini memang diremehkan di negeri sendiri.

    “Orang akan bangga jika memiliki Ibanez, sementara Rick Hanes dianggap produk lokal tak berkualitas. Tapi kini, dengan predikat juara itu, pihak luar negeri, Inggris, banyak yang membukukan tentang Rick Hanes. Gitar buatan kita ini diakui di dunia. Kita patut bangga, karena berhasil membawa dan mengangkat nama bangsa,” ujar pria yang juga mencipkan penemuan gadget bisa digabungkan pada body gitar.

    Sementara di pabrik di Tambak Sawah, MR D kini dibantu 60 karyawan dalam memproduksi gitar, membocorkan kehebatan pembuatan gitar selain dengan cara manual yakni manusia, keunggulan pembuatan gitar Rick Hanes terletak pada penggunak’an mesin buatan Jerman dan ini hanya ada di Jepang dan Indonesia saja. Mesin ini mampu menstabilkan gitar. Begitu juga dengan pewarnaan body gitar, berbeda dari gitar kebanyakan. Tiap gitar memiliki warna dan motif yang berbeda. Karena itu ada disediakan custom guitar dan mass product. Masyarakat pun bisa memilih, jika Rick Hanes dibandrol dengan harga sekitar 1.250 USD, maka untuk anak bangsa bisa memiliki Rockstone yang tak kalah kualitasnya dengan Rick Hanes karena memang satu pabrik. Untuk Rockstone dibandrol dengan harga Rp3 jutaan.
     
    Sehingga gitar yang dihasilkan play-abilitynya atau kemudahan dimainkan, karakter sound atau kemerduan suara, estetika, tahan lama atau kuat.

    “gitar ini jika jatuh tidak akan patah, bahkan saya injak sekalipun gitar ini masih kuat” pungkas MR D. (SN2)

    Search

    Cari Berita:

    Inspirasi

    Kaka Slank Berharap Pemerintah  Memperhatikan SLB Monday, 15 December 2014 | 18:44

    Kaka Slank Berharap Pemerintah Memperhatikan SLB

    Kota (Sidoarjonews) – Kaka Sang vokalis Slank saat melakukan kunjungan ke sekolah luar biasa (SLB) yang berada di...

    Properti

    Wika Group Hadirkan Tamansari Prospero Apartemen Dilokasi Premium Sidoarjo Saturday, 29 November 2014 | 16:32

    Wika Group Hadirkan Tamansari Prospero Apartemen Dilokasi Premium Sidoarjo

    Kota (Sidoarjonews) - Sebuah terobosan terbaru dari Wijaya Karya (Wika) group, BUMN sektor konstruksi dan properti  bagi masyarakat...